Selasa, 12 Juni 2012

Tanda-tanda Kiamat

    • Pengetahuan tentang Kapan Terjadinya Kiamat
    Pengetahuan kapan waktu terjadinya kiamat tidak diketahui kecuali Allah. Firman Allah Ta'ala : "Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah". Dan tahukan kamu hai (Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya." (QS. Al-Ahzab: 63)
    Tanda-tanda Kiamat:
Rasulullah SAW. mengabarkan tanda-tanda dan indikasi dekatnya hari kiamat dengan dua tanda, yakni:
a. Tanda-tanda kecil datangnya hari kiamat
  • Tanda-tanda yang telah terjadi dan sudah berakhir 
Di antaranya adalah pengutusan Nabi  Shalallahu Alaihi Wa Sallam dan wafatnya beliau, terbelahnya bulan, ditaklukannya Baitulmakdis, dan keluarnya api dari bumi Hijaz.
Dari Auf bin Malik Radhiyallahu Anhu berkata, "Aku mendengar Rasullullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam bersabda, "Hitunglah enam hal yang terjadi sebelum datangnya hari kiamat; kematianku, dan penaklukan Baitulmakdis." (HR. Al-Bukhari).
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam bersabda, "Tidaklah terjadi hari kiamat itu sehingga keluar api dari bumi Hijaz (Saudi Arabia -pen) yang menyinari punggung-punggung unta di Bashrah." (HR. Mutafaqun Alaih).
  • Tanda-tanda yang telah nampak dan masih berlanjut
  • Tanda-tanda kiamat yang belum muncul, akan tetapi pasti akan terjadi sesuai kabar dari Nabi Shalallahu Alaihi Wa Sallam
b. Tanda-tanda besar datangnya hari kiamat

0 komentar:

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template